Robot Jepang Pencuci Rambut

Ini bisa jadi robot impian para wanita.
Panasonic telah mengembangkan sebuah robot yang bisa mencuci rambut dengan menggunakan teknologi canggih untuk meniru teknik sentuhan manusia. Tujuan dibuatnya robot ini adalah untuk membantu memberikan perawatan rambut kepada para lansia yang semakin hari tampaknya semakin banyak saja.

Robot Jepang Yang Bisa Mencuci Rambut Kamu

Mesin yang menggunakan — bukan 10 — tapi 24 jari tangan robot ini terlihat cekatan dalam memberikan pijatan di kepala boneka, pelanggan pertamanya. “Dia dapat mencuci rambut dan memijat kepala sebaik jari tangan para ahli di salon-salon kecantikan”, kata Nakamura Tohru, kepala tim yang memimpin proyek robot tersebut.

Selain itu, robotnya bisa memberikan shampo, memijat kulit kepala, membilas, serta segala sesuatu yang biasa dilakukan di salon dalam waktu tiga menit, kecuali memotong. Dia belum bisa memotong rambut. Jika pelanggan ingin menggunakan conditioner dan blow dry, akan memakan waktu lima menit.

Panasonic menargetkan robot ini siap untuk dijual tahun depan dengan menjualnya ke beberapa rumah sakit dan panti jompo. Lho? Bukannya dijual di salon? Nakamura menambahkan bahwa pengusaha salon mungkin tidak akan berminat karena bisa di demo oleh karyawannya sendiri.

sumber : http://harukadna.blogspot.com/2013/07/robot-jepang-pencuci-rambut.html

Bus Air Buatan Jepang

Bus Air Himiko
Jika membicarakan tentang transportasi air, tentu yang terpikirkan adalah kapal laut. Tapi tahukah anda, bahwa di Jepang ada bus yang dapat berjalan di air? Bus ini adalah kendaraan yang dapat digunakan oleh masyarakat Jepang untuk menyebrangi sungai.
Bus sungai ini diciptakan oleh seorang artis Jepang yang biasa bekerja di dunia manga dan anime. Ia bernama Reydzi Matsumoto, ia merancang sebuah model alat transportasi yang kemudian diberi nama Himiko.  Nama tersebut sengaja diberikan untuk menghormati ratu dari kekaisaran Jepang yang juga memiliki nama Himiko.

Interior Bus Himiko

Reydzi Matsumoto merancang Himiko dengan luas 33x 8 meter. Uniknya, desain dari bus sungai ini dibuat menyerupai pesawat luar angkasa. Tentu saja desain bus ini menjadi begitu unik berkat profesi sang desainer yang sehari-hari berkecimpung di dunia animasi.

Himiko, Bus Air di Jepang
Jika anda sedang berkunjung ke Jepang, moda transportasi ini layak untuk dicoba. Bus ini melayani rute dari sepanjang sungai Asakusa ke Pulau Odaiba Jepang, selain itu, bus ini juga melayani wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata yang berada di sepanjang rute tersebut.

sumber : http://harukadna.blogspot.com/2013/07/bus-air-buatan-jepang.html

Ilmuwan Jepang Perkenalkan Kereta Api Terbang Pertama Didunia

Yusuke Sugahara, peneliti dari Tuhoku University, Jepang membuat prototipe kereta terbang pertama di dunia. Ia merancang sebuah lokomotif serupa pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan super cepat. Teknologi ini diklaim selangkah lebih maju dibanding kereta cepat Maglev, yang mengambang akibat memanfaatkan gaya magnet.
Penampilan prototipe kereta terbang buatan Yusuke tak ubahnya seperti pesawat. Lokomotif itu dilengkapi baling-baling dan dua sayap. Teknologi serupa pesawat itulah yang mampu mengangkat badan lokomotif sedikit di atas tanah dengan kecepatan super.
Memang konsep kereta terbang bukan yang pertama kali di perkenalkan di dunia. Sebelumnya ada kerete Maglev (Jerman) yang memanfaatkan elektromagnet kuat. Kini Maglev mampu bergerak dengan kecepatan 360 kilometer perjam.
Urusan kereta cepat kini Jepang memiliki kereta berkecepatan peluru, Hayabusa . Kereta ini mampu melakukan perjalanan kilat secepat kecepatan peluru. Perjalanan sejauh 675 kilometer bisa ditempuh dalam tempo 3 jam 10 menit.
Nah, prototipe kereta terbang buatan Yusuke ini yang digadang-gadang sebagai teknologi masa depan. Meski perlu perbaikan di sana-sini, para ilmuwan Jepang bertekad membuat teknologi baru pengganti kereta peluru yang jauh lebih efisien dan cepat.

sumber : harukadna.blogspot.com/2013/07/ilmuwan-jepang-perkenalkan-kereta-api.html

Ini Dia Super Komputer Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Jepang membuat komputer super. Kecepatan komputer ini setara dengan satu juta komputer desktop.

Sebuah komputer super Jepang telah menyabet gelar mesin tercepat di dunia, mengalahkan rekor singkat China selama enam bulan.

Kecepatan komputer super K yang dibangun Fujitsu sama dengan satu juta komputer desktop digabungkan jadi satu.

Komputer super itu memiliki kekuatan tiga kali lipat dari pemegang gelar sebelumnya dan mampu melakukan perhitungan delapan kuadrilliun setiap detik.

Satu kuadriliun adalah bilangan 1 yang diikuti 15 nol dan dalam jargon komputer kecepatannya itu dikenal dengan sebutan 8,2 petaflops.

Mesin tercepat sebelumnya adalah komputer China Tianhe-1A, yang kecepatannya 2,507 petaflops, sekaligus menegaskan pertumbuhan teknologi dan kekuatan ekonomi China–negara yang sedang tumbuh cepat.

Tianhe-1A membuat China pertama kalinya menduduki daftar mesin komputer tercepat di dunia menyingkirkan Amerika Serikat (AS) yang memiliki empat dari sepuluh superkomputer ternama.

Para ahli mengatakan pengembangan mesin K lebih cepat dari lima pesaingnya yang digabungkan, menandai lompatan jauh kedepan dalam dunia teknologi.

“Mesin ini sangat mengesankan dan lebih kuat dari komputer lain,” kata profesor Jack Dongarra yang meliris daftar superkomputer terbaik dunia selama enam bulan sekali.

Peringkatan kecepatan ini berdasarkan standar persamaan matematika. Hak penghamburan untuk komputer K Jepang, dengan menelan biaya 1,2 miliar dolar untuk membuatnya, menandai kembalinya Jepang ke puncak untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

Superkomputer dikembangkan di RIKEN Advanced Institut Komputasi Sains di Kobe, Jepang. Perusahaan raksasa komputer itu bergerak dalam pengendalian cuaca.

Komputer itu terdiri dari 672 kabinet yang terdiri dari papan sirkuit dengan 70 ribu prosesor. Sebuah keluarga komputer atau laptop menggunakan satu prosesor.

K superkomputer menghabiskan energi yang cukup untuk menyalakan listrik 10.000 rumah. Meskipun, penciptanya mengklaim mesin itu hemat energi, mesin itu memakan biaya 6 juta poundsterling selama setahun.

“Penggunaan komputer K diharapkan berdampak inovatif dalam bidang penelitian iklim global, meteorologi, pencegahan bencana, dan obat-obatan sehingga menciptakan masyarakat yang sejahtera dan aman,” kata seorang juru bicara lembaga RIKEN.

Fujitsu dan kepala RIKEN mengatakan bahwa proyek itu telah menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret lalu. Bencana itu sendiri menghancurkan wilayah timur laut negara itu, Tohoku.

Ada lima superkomputer AS yang berada di 10 peringkat teratas, termasuk di urutan ketiga sistem Jaguar di Oak Ridge National Laboratory di Oak Ridge, Tennessee.

Komputer lain dalam sepuluh besar yaitu dua mesin dari China, dua mesin dari Jepang dan satu dari Perancis, demikian Daily Mail.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara

Jepang Menciptakan Sebuah Alat Canggih Berbentuk Bola Yang Bisa Terbang

Sebuah perusahaan pengembang dari jepang menciptakan sebuah alat seukuran bola basket yang dapat dikontrol dan dapat terbang ketempat yang tidak dapat dijangkau oleh manusia mereka menamakan itu Futuristic Circular Flying Object’ ‘.
Alat ini menggunakan kamera on board yang dapat mengirimkan gambar keorang yang mengendalikan alat tersebut.

Fumiyuki Sato, dari bagian Institut Pengambangan dan Pertahanan Jepang, membuat alat ini dengan budget  sekitar ¥ 110.000 (£ 865 / $ 1390) dengan bahan yang dibeli dari dari toko alat-alat elektronik.

Dia berkata: “Karena bentuknya yang bundar, alat itu dapat berjalan diatas tanah dengan berbagai posisi dan tidak dapat roboh ketika bergerak.”

Dengan besar 42cm, alat ini memilik delapan kemudi bermanuver, dengan tiga sensor gyro, dan terbuat dari terbuat dari serat karbon yang ringan dan komponen stirena dengan berat total 340grams.

“Alat ini sepenuhnya dikembangkan untuk peneyelamatan di lokasi bencana alam, atau alat untuk melawan  terorisme dan perang kota,” kata Mr Sato.(rm)
sumber:dailymail

Tahun Baru di Jepang

Lama sekali situs blog Mataponsel ini mati suri karena kontributornya sedang sibuk dengan urusan masing-masing. Untuk mengawali tahun baru, dengan semangat baru kami mencoba mengaktifkan kembali situs blog berbasis foto ponsel ini. Sekalian juga, pengasuh situs Mataponsel ini mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012!

Tahun baru di Jepang suasananya sebenarnya mirip dengan lebaran di Jepang. Ketika pergantian tahun ini, sekolah, perusahaan, bahkan pertokoan juga libur mulai dari dua hari sampai dua minggu, bergantung dari kebijakan masing-masing. Ketika saya datang ke Jepang di awal tahun 2000-an, saat-saat tahun baru adalah masa yang cukup menyulitkan. ATM tutup sekitar 5 hari dan toko-toko baru buka kembali pada tanggal 3 atau 4 Januari. Sementara itu, tidak banyak orang Jepang lalu-lalang di tempat-tempat umum. Jadi, ketika mengajak keluarga jalan-jalan pada tahun baru, alih-alih mendapatkan keramaian, justru mendapatkan kesulitan karena sulit mencari makanan. Namun, itu kisah dulu. Sekarang tahun baru di Jepang sudah agak lebih ramai. Beberapa department store bahkan sudah buka pada pagi hari tanggal 1 Januari. Begitu juga dengan restoran, terutama restoran berjaringan yang punya cabang di mana-mana.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang Jepang pada tahun baru adalah hatsumoude (初詣) atau kunjungan pertama kali ke kuil pada tahun yang baru. Ini bisa dilakukan di kuil Buddha (お寺) atau kuil Shinto (神社). Pada gambar di bawah ini tampak kegiatan hatsumoude yang dilakukan oleh warga Jepang di kuil Buddha Soujiji (総持寺) di Tsurumi, Yokohama, Kanagawa. Sejak pagi hari mereka sudah berkunjung ke kuil untuk memohon doa keselamatan dan kesuksesan bagi mereka pada tahun yang baru.

Biasanya orang-orang juga mengambil kertas keberuntungan omikuji (御神籤) untuk mengetahui peruntungan mereka pada tahun baru ini. Jika ramalan pada kertas itu menunjukkan hal sebaliknya, atau ketidakberuntungan, kita harus mengikatkannya pada tempat yang sudah disediakan. Itu diharapkan dapat membuang kesialan yang kita terima. Nah, di samping menjalani kehidupan mereka yang sangat modern, orang-orang Jepang ternyata masih menjalankan juga kegiatan-kegiatan yang masih tradisional.

 

sumber : http://mataponsel.wordpress.com/2012/01/02/tahun-baru-di-jepang/

Thanko Hadirkan Kamera Video Berbentuk Pena Yang Mampu Merekam Video Full HD 1080p

Masih ingat teknik mengintai seperti para detektif handal di layar film? Kalau Anda benar-benar tertarik, kini ada perangkat pendukung pengintai berupa kamera video berbentuk pena besutan Thanko dari Jepang yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan misi Anda sebagai dektetif.

Selain bisa Anda gunakan sebagai sebuah pena pada umumnya, kamera video berukuran W15xD15xH144mm dan bobot 36g ini juga bisa Anda gunakan untuk menjepret foto berkualitas 2592×1944 piksel dan merekam video berkualitas full HD 1080p serta sekaligus menyimpannya ke dalam kartu microSD berkapasitas hingga 32GB yang ada di dalamnya.

Seandainya Anda ingin mengetahui dan menyaksikan hasil berbagai rekaman video dan jepretan foto yang ada, Anda cukup menghubungkan kamera video berbentuk pena ini melalui terminal Mini HDMI yang terletak di bagian atas kamera video dengan menggunakan kabel HDMI (yang dijual terpisah) ke perangkat TV LCD layar besar yang ada.

Berkat keberadaan terminal USB 2.0 built-in, kamera video berbentuk pena ini dapat terhubung ke PC secara langsung dan sekaligus juga bisa Anda manfaatkan untuk mengisi ulang (charge) baterai ataupun mempergunakannya sebagai pembaca kartu. Dan bahkan dengan pengisian ulang baterei hingga penuh selama 4 jam, Anda dapat mengoperasikan perangkat kamera video ini selama 50 menit.

Di Jepang sendiri, kamera video berbentuk pena dengan pen clip part untuk perlindungan penutup lensa ini dipasarkan seharga 7980 JPY atau setara 824 ribuan rupiah per unitnya.

Berkreasi Komik Ala Manga Jepang Melalui Pose & Segenap Pengekspresian Diri Menggunakan Manga Generator

Bagi Anda penggemar Manga yang ingin membuat kartun Manga kreasi sendiri, kehadiran Manga Generator dari Shirai Lab Kagawa Institute of Technology yang satu ini mungkin bisa membuat Anda menjadi seperti komikus Manga yang terkenal.

Untuk membuat kartun Manga, Anda cukup berpose dengan ekspresi dan memilih latar belakang (background) berdasarkan alur cerita yang telah dibuat sebelumnya. Ketika Anda berpose, maka secara otomatis shader akan beroperasi secara real time dan mengubah gambar pose Anda sebenarnya tersebut langsung menjadi gambar kartun Manga. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya, Anda bisa melihatnya melalui cetakan (print-out).

Meskipun ada beberapa kemajuan besar pada tata letak teks dan cerita interaktif, namun masih ada sedikit masalah pada keberadaan real-time manga shader, kualitas gambar, dan tata letak gambar sehingga ke depannya perlu ada perbaikan.

Selain membuat kartun Manga, perangkat ini konon juga dapat diterapkan untuk pembuatan e-book dan e-book interaktif. Dan bahkan baru-baru ini, versi kustomisasi Manga Generator tersebut kabarnya juga sempat ambil bagian dalam ajang pameran seni komik Manga Kingdom Tottori di Jepang beberapa waktu yang lalu.

sumber : http://www.beritateknologi.com/berkreasi-komik-ala-manga-jepang-melalui-pose-segenap-pengekspresian-diri-menggunakan-manga-generator/

200.000 PC Di Pemerintahan Jepang Akan Tetap Terus Gunakan Windows XP Meski Dukungan Telah Berakhir

Kampanye yang sedang gencar dilakukan oleh Microsoft untuk mensosialisasikan dukungan Windows XP yang akan segera berakhir pada tanggal 8 April 2014 mendatang dan juga mengajak semua pihak untuk beralih mengadopsi OS versi yang lebih baru, tampaknya bakal mengalami hambatan di sejumlah negara tertentu dan salah satunya adalah negara Jepang.

Ya bagaimana tidak, pemerintah sekelas Jepang sendiri tampaknya tidak memiliki pilihan lain selain harus tetap terus mengadopsi Windows XP setelah dukungan berakhir dikarenakan sebagian besar dana yang ada dinilai tidak akan dapat mencukupi untuk menyebarluaskan penggunaan sistem operasi Windows 7 ataupun Windows 8.

Menurut survei yang baru saja dilakukan oleh Yomiuri Shimbun dan melibatkan 1.789 lembaga lokal yang ada di Jepang, disinyalir setidaknya bakal ada lebih dari 200.000 perangkat komputer yang akan terus menggunakan Windows XP setelah tanggal pemberhentian resmi dukungan diberlakukan. Dan 28 persen dari responden tampaknya telah mengungkapkan kalau kurangnya dana sebagai alasan utama hal tersebut.

Untuk saat ini saja, Windows XP telah diinstal di lebih dari 1.765.000 perangkat komputer yang dioperasikan oleh kalangan pemerintah Jepang, sehingga transisi ke platform baru sangat penting untuk keamanan data lokal.

Sedangkan upgrade sisanya yang berjumlah 200.000 perangkat komputer ke Windows 7 atau Windows 8, dinilai sangat mahal karena diperkirakan bakal membutuhkan biaya sekitar 2,4 milyar USD atau setara 27,6 triliun rupiah.

sumber : http://www.beritateknologi.com/200-000-pc-di-pemerintahan-jepang-akan-tetap-terus-gunakan-windows-xp-meski-dukungan-telah-berakhir/

iPhone 6 Bakal Hadir Dengan Panel Layar 5 Inci

Belum lagi habis pemberitaan tentang iPhone 5S dan iPhone 5C, kini kembali beredar kabar di Jepang kalau pabrikan ponsel Apple saat ini sedang mempersiapkan iPhone 6 yang secara teknis merupakan iPhone generasi kedelapannya.

Menurut MacFan Magazine (via Macotakara), raksasa Cupertino tersebut dikabarkan saat ini memang tengah mempersiapkan iPhone 5 inci terbarunya yang rencananya baru akan dirilis pada bulan September 2014 mendatang. Terlebih dengan dukungan kepadatan piksel 440ppi dan resolusi layar 1920×1080 piksel yang hadir pada desain tipisnya, membuat iPhone 6 ini konon memiliki tampilan yang jelas melebihi kebanyakan perangkat high-end di pasaran saat ini.

Sebelum Tim Cook mengungkapkan keberadaan iPhone 5S dan iPhone 5C, beberapa pengamat industri memperkirakan kalau Apple bakal mampu menyaingi dominasi Samsung di pasaran phablet dengan iPhone berukuran layar yang lebih besar. iPhone 5S hadir dengan usungan Touch ID sedangkan iPhone 5C hadir dengan warna pilihan yang lebih banyak.

Mimpi memiliki iPhone dengan panel layar yang lebih besar dari 4 inci tampaknya masih menjadi impian bagi kebanyakan penggemar iPhone di seluruh dunia sejauh ini.